5 Metode Pengajaran Di Kelas Yang Lebih Interaktif

5 Metode Pengajaran di kelas yang Lebih Interaktif


Menjadi seorang guru tidak berarti harus terpaku pada metode pengajaran yang monoton, Guru juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman biar proses mengajar tidak tertinggal.
 Metode Pengajaran di kelas yang Lebih Interaktif 5 Metode Pengajaran di kelas yang Lebih Interaktif
siswa tertidur dikala berguru ( foto : Vemale.com )

Dilansir dari laman blog.ruangguru.com ada Lima cara di bawah ini yang bisa diterapkan untuk memperbaharui metode mengajar.

1. Tanya Jawab


Dengan model tanya jawab, semua siswa akan ikut aktif terlibat dalam acara berguru mengajar. Selain bisa mengasah kemampuan pembelajaran, metode ini pun sanggup dipakai untuk mencairkan suasana dalam kelas lho. Lemparkan satu atau dua pertanyaan secara santai, dan kelas pun jadi lebih hidup dengan diskusi interaktif. Tantang siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikaitkan dengan kondisi yang sedang terjadi.

baca juga :
> Problem Based Learning Tehnik Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar
> Contoh Kegiatan Pembelajaran yang Mengaplikasikan Metode Pembelajaran Kolaboratif Pada Siswa
> Gunakan Tehnik ‘Math Manipulatives’ Pada Pelajaran Matematika Agar Siswa Lebih Antusias

2. Powerpoint


Penyampaian bahan dengan powerpoint sanggup membantu siswa lebih gampang paham. Poin-poin yang disertai visualisasi gambar, infografik, dan video akan menarik perhatian siswa. Nah, untuk metode ini, bapak/ibu guru harus mengeksplor bahan biar lebih menyenangkan dan menyajikan dengan cara kreatif.

3. Teknologi


Seiring berkembangnya zaman, bapak/ibu guru jangan hingga kalah dengan para siswa. Harus melek teknologi biar sanggup menyesuaikan dengan generasi sekarang. Perkembangan teknologi ini sanggup disikapi dengan positif, salah satunya untuk metode belajar. Misalnya, memperlihatkan rekomendasi video belajar, e-book inspiratif, dan sebagainya. Kemudian, coba ajak siswa mengerjakan latihan soal secara online. Mereka jadi terlatih untuk mengerjakan soal computer based test. Cara ini juga akan lebih mempermudah bapak/ibu guru untuk memberi dan menilai hasil berguru siswa sebab praktis.

4. Motivasi


Ada beberapa taktik dalam metode ini. Mulai dari memberi perhatian khusus pada minat dan talenta siswa, meningkatkan rasa ingin tahu siswa, dan mendampingi siswa. Apabila ada siswa yang sudah menemukan passion-nya, bapak/ibu guru wajib mendukung. Ubahlah cara pandang Anda mengenai kesuksesan. Tak melulu yang kurang di bidang hitung-hitungan berarti bodoh, suka pelajaran Seni tidak akan punya masa depan jelas, dan sebagainya. Jika siswa merasa didukung akan passion-nya, maka ia akan lebih nyaman dengan Anda yang lalu diikuti dengan rasa respect. Kalau siswa sudah respect, mustahil mereka mengabaikan petuah dari guru kesayangannya, bukan? Di sinilah bapak/ibu bisa sambil memotivasi biar passion dan akademik bisa dijalankan secara imbang.

5. Apresiasi


Siapa yang tidak bahagia diapresiasi? Semua orang niscaya merasa berharga jikalau diberikan apresiasi, sekecil apa pun. Misalnya, tanggapan yang diberikan siswa kurang tepat, tetaplah memperlihatkan apresiasi positif. Setidaknya, hargai keberanian mereka untuk menjawab pertanyaan Anda. Tidak semua siswa lho punya keberanian untuk menjawab hanya sebab takut salah dan dikira bodoh. Apresiasi yang diberikan bukan berarti harus berupa sanjungan, namun cukup kalimat faktual yang akan membuatnya lebih semangat. Jika semangatnya muncul, ia akan lebih percaya diri dan ulet belajar.

sumber artikel : blog.ruangguru.com
sumber gambar : Vemale.com

0 Response to "5 Metode Pengajaran Di Kelas Yang Lebih Interaktif"

Posting Komentar