Tehnik Pembelajaran Menyenangkan Di Dalam Kelas

Tehnik Pembelajaran Menyenangkan di dalam Kelas


Secara umum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dirancang untuk menunjukkan arahan, ilmu pengetahuan dan bahan - bahan pelajaran dari guru kepada siswa pada dikala melaksanakan proses berguru mengajar di depan kelas.
Ilustrasi Kegiatan Belajar Mengajar di SD ( Sumber : republika.co.id )

Tugas guru dalam acara berguru mengaj4r ialah melaksanakan pengelolaan pembelajaran (mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai penilaian), serta menguasai kompetensi dalam acara berguru mengajar dikelas. Hal ini ditujukan biar siswa sanggup mencapai tujuan berguru secara maksimal.

Akan tetapi, ada kalanya seorang guru tidak bisa mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan tersebut sehingga mengakibatkan rendahnya gairah siswa dalam belajar. Dampak tersebut tentunya kurang baik, di antaranya siswa tidak sanggup menguasai kompetensi atau tujuan pelajaran.

Dilansir dari laman Ruangguru.com, Berikut ada beberapa langkah yang sanggup dilakukan biar seorang guru bisa membuat siswa bahagia berguru di kelas.

baca juga :
Inilah Payung Hukum Perlindungan Guru dalam Mendidik Siswa Sehingga Tidak Ada Lagi Guru yang di Penjara sebab Mendidik Siswanya

1. Lingkungan yang menginspirasi


Lingkungan sangat besar lengan berkuasa besar terhadap sikap individu, begitu juga dengan lingkungan kelas. Oleh sebab itu, lingkungan kelas harus mempunyai imbas aktual terhadap siswa. Agar semangat berguru siswa tumbuh, maka lingkungan kelas sebaiknya sanggup menginspirasi siswa untuk belajar.

Di Mulai dari cahaya, udara, warna, sarana, dan sebagainya. Jika ruangan kelas kurang cahaya dan udara, maka akan menyesakkan dada dan membuat mata lelah. Kemudian untuk penentuan warna, usahakan pilih yang cerah. Jangan lupa sertakan pajangan yang inspiratif. Tokoh-tokoh hebat, kalimat motivasi, hasil karya siswa, alat peraga, dan lain-lain.

2. Proses berguru yang efektif dan menyenangkan


Suasana hati siswa juga dipengaruhi dengan suasana berguru di kelas. Dengan demikian, bila proses berguru mengajar berjalan dengan menyenangkan, maka motivasi berguru siswa otomatis meningkat. Kelas jadi lebih interaktif sebab keaktifan siswa. Dalam membuat proses berguru mengajar yang menyenangkan, teknik evaluasi pun harus disiapkan secara variatif. Ajukan pertanyaan pada siswa sesuai pada apa yang hendak diukur.

Supaya kreativitas dan orisinalitas bangkit, maka perlu di buat pertanyaan terbuka. Pertanyaan ini sifatnya membuat siswa merasa tertantang untuk mencapai sesuatu yang lebih, namun tetap dalam jangkauan. Jika pertanyaan monoton itu-itu saja, terlalu mudah, maka semangat siswa untuk menunjukkan perjuangan lebih tidak akan bangkit. Demikian sebaliknya, apabila terlalu sulit maka bisa juga mematikan perjuangan siswa. Untuk itu, Seorang Guru harus menjadi guru yang kreatif.

baca juga :
Tehnik Kreatif dalam mendidik Siswa Lewat Permainan Tradisional

3. Suasana kompetisi kelas yang menantang


Pada umumnya, setiap Orang akan merasa besar hati bila mempunyai sesuatu yang lebih dibanding orang lain. Sebut saja lebih pandai, lebih berhasil, lebih baik, dan masih banyak lagi. Begitu juga sebaliknya, orang akan merasa murung bila dirinya berada di bawah orang lain. Misalnya, lebih bodoh, paling malas, selalu gagal, dan lainnya. Nah, dari sinilah setiap orang punya naluri untuk berkompetisi.

Sebagai seorang guru, kita perlu menyiapkan taktik biar kompetisi yang terjadi di kelas berjalan dengan baik. Aturlah biar kompetisi tetap bisa diikuti oleh seluruh siswa dan menghasilkan juara bergilir setiap waktu. Kaprikornus tidak melulu siswa yang itu-itu saja yang menang. Biarkan setiap siswa mempunyai kesempatan menjadi juara di bidangnya masing-masing.

4. Sumber belajar


Seringkali siswa malas berguru sebab kurang memadainya sumber pembelajaran. Sumber berguru yang memadai haruslah mendukung kurikulum, berkaitan dengan pengembangan diri, serta pengembangan karir. Buku cetak yang terpercaya, audio, video, media didik yang menarik sehingga siswa tidak jenuh dengan penyampaian bahan yang monoton. Semakin bermacam-macam dan lengkap sumber yang tersedia di kelas, akan semakin besar kecenderungan siswa suka belajar.

model Pembelajaran menarik :
Metode Inovatif yang baik dicontoh dalam Mengajar Ala Dragon Zakura
Strategi Kreatif dalam Memacu Partisipasi Siswa di Kelas

5. Bantuan berguru yang siap siaga


Ketika siswa mengalami kesulitan belajar, mereka butuh derma dari yang lebih paham. Jika derma yang diharapkan tidak ada, maka akan timbul kecenderungan siswa malas melanjutkan belajar. Bantuan berguru di sini bisa berasal dari guru kelas, atau guru lain yang ditugaskan membantu siswa. Jadi, dengan disediakannya derma berguru bagi siswa di kelas, maka mereka akan lebih suka belajar.

sumber gambar : republika.co.id
sumber artikel : blog.Ruangguru.com

0 Response to "Tehnik Pembelajaran Menyenangkan Di Dalam Kelas"

Posting Komentar